Kamis, 17 November 2011

*BLOG*
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dikelola oleh pribadi dan dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

*WEBSITE*
Website terdiri dari dua kata Web Site, karena WEB sendiri merupakan kependekan dari World Wide Web (www), namun sudah terlanjur dipakai secara umum penulisannya menjadi website.

1.      Pada Blog kita hanya bisa membuat postingan tulisan dan gambar yang berupa catatan harian atau media publikasi lainnya. Sedangkan pada Website memuat informasi umum yang memiliki beragam menu pilihan seperti  kumpulan halaman-halaman web, gambar, video dan aset-aset digital yang terhubung satu sama lain.
2.      Blog tinggal isi postingan dan dapat di up-date setiap saat,  sedangkan Website harus otak-atik  software-nya terlebih dulu untuk membuat postingan baru dan diperlukan keahlian khusus untuk memosting artikel baru dan juga jarang sekali up-date postingannya.
3.      Blog sudah menyediakan Halaman web untuk mengisi artikel postingan jadi tak perlu mendesain dari awal sebuah tampilan blog sedangkan pada Website pengguna sekaligus sebagai pengelola, juga mendesain, merawat agar web tersebut agar tetap berjalan dengan baik.
4.      Blog tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya, cukup daftar, terus isi deh, artikel di dalamnya. Sedangkan Website memerlukan Penguasaan Art, Penguasaan tool harus Mampu menggunakan program aplikasi untuk membuat desain grafis, seperti : Adobe Photoshop, AutoCad, Corel Draw, Adobe Ilustrator, Free Hand, Mampu menggunakan program aplikasi untuk mengolah suara, Mampu mendesain layout web, seperti : Ms. Frontpage, Macromedia Dreamweaver, Adobe Go Live, Page maker, Mampu mendesain animasi web, sepert : Macromedia Flash, Macromedia Director, Swish, dan Mampu Menguasai teknik interface web.
5.      Butuh waktu 3 bulanan untuk membuat Website dinamis atau bahkan lebih dari 1 tahun bila ingin secanggih CMS Open Source (dengan asumsi pembuat sudah mahir bahasa PHP). Sedangkan Blog hanya butuh 1 jam untuk membuatnya dan tidak diperlukan bahasa pemograman PHP.
6.      Blog kebanyakan gratis sedangkan Website mengharuskan kita untuk membeli hosting dan domain.
7.      Membuat Blog lebih mudah dari pada Website, karena seorang yang mampu membuat web adalah orang yang menguasai bahasa php, mysql ataupun cms.
8.      Kita memerlukan hosting untuk Website sebagai media penyimpanan materi web kita, dan uploadnya pun cukup susah.  Sedangkan  membuat Blog maka otomatis kita sudah membuat hosting sendiri di blog kita.
9.      Pada Blog biasanya artikel disusun terbalik berdasarkan urutan waktu dimana artikel paling baru akan ditempatkan pada halaman pertama (home). Sedangkan pada Website artikel yang telah diposting akan ditempatkan pada halaman baru.
10.  Pada Blog biasanya pengunjung dapat menulis komentar dimana komentar tersebut dapat dibalas dengan komentar lain sehigga bisa terjadi diskusi dan komunikasi, tetapi pada Website biasanya bersifat satu arah dan hanya bisa dihubungi melalui menu contact. 
11.  Pada Blog bertujuan untuk membuat kisah atau catatan harian sebagai tempat curhat seseorang dan menulis artikel yang hanya sekedar informasi. Sedangkan Website memuat konsep yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, sharing informasi dan kolaborasi diantara penggunanya. Pada konsep ini terdapat layanan-layanan hosting seperti blogs, social-networking sites, wikis, dan folksonomies. (Artinya di dalam  web dengan  adanya tambahan fiture blogs di dalamnya, “Makanya , persepsi orang mengatakan bahwa Blog termasuk bagian dari Website.”)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar