Minggu, 08 Januari 2012

Manfaat 3D Dan Tutorialnya

MANFAAT 3D:
1. Architecture Design
architecture
Jika Anda seorang Arsitek, maka 3D akan sangat membantu Anda dalam menuangkan ide-ide kreatif design dengan sangat cepat dan mudah. Berbeda bila hanya mengandalkan kemampuan konvensional seperti sketsa yang mempunyai keterbatasan dalam memandang ke view 3 dimensi, maka dengan 3D Anda akan dapat melihat bentuk rancangan bangunan Anda dari segala sisi pandangan. Disamping itu dengan 3D, Anda akan dapat memberikan texture maupun lighting menyerupai seperti kondisi aslinya kelak bangunan tersebut terbangun, sehingga akan mudah bagi Client Anda untuk mengerti dan memahami design yang Anda buat. Jika Anda bukan Arsitek pun, tidak usah kuatir, skill 3D yang Anda miliki dapat menjadikan Anda sebagai seorang Visualizer yang dapat menjadi pendamping bagi seorang Arsitek dalam membuat visual bangunan yang akan dirancang.


2. Interior Design

Sama halnya seperti Arsitek, designer Interior pun juga akan sangat terbantu dengan teknologi 3D. Sebagai seorang Visualizer pun, Anda dapat menjadi pendamping dari seorang sang designer Interior dalam menvisualkan rancangan ruang-ruang yang akan diwujudkan nantinya. Dengan 3D, setiap ruang yang dirancang akan dapat divisualkan mendekati ruang yang sebenarnya. Layaknya bermain game the Sims, Anda dapat menata furniture, elemen dekoratif interior lainnya seperti lukisan, foto, patung dan lainnya dengan sangat leluasa dan mudah.


3. Landscape Design

Dalam mewujudkan design landscape pun, baik Anda seorang Arsitek Landscape ataupun Visualizer, 3D akan mampu menvisualkan secara jelas dan detail sekalipun. Penataan kontur tanah, vegetasi, perkerasan, gazebo, kolam maupun elemen landscape yang lainnya, akan membuat pekerjaan design Anda menjadi mudah dan menyenangkan.


Berikut panduannya:
1. Buka file 3DS Max. Aktifkan Viewport Perspective

Gambar 01. Sebuah File 3DS Max

2. Klik menu Views > Viewport Background.
3. Pada jendela Viewport Background, Anda klik tombol Files dan cari dimana file gambar yang ingin Anda jadikan sebagai background. Atur setingan parameter yang lain seperti pada gambar dibawah

Gambar 02. Jendela Viewport Background

3. Sekarang gambar telah tampil pada background Viewport Perspective Anda.

Gambar 03. Hasil Akhir


Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max.

1. Anda klik Create>Shapes>Spline>Text.



2. Buat seperti contoh parameter dibawah.



3. Berikan Modifier Extrude untuk objek text tersebut.



4. Berikan parameter seperti gambar dibawah (atau terserah kepada Anda).

Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.



5. Klik Menu Edit>Object Properties.



6. Lalu isi Object ID = 3 (angka ini terserah Anda, yang penting Anda samakan nilai angka ini pada langkah 11 nanti. Jika Anda isikan angkanya dengan angka 3 maka nilai Object ID di langkah 11 nanti harus disamakan dengan angka 3 juga. Begitupun bila angka yang lain yang dipilih).
 


7. Klik Menu Rendering>Effects.



8. Klik tombol Add.



9. Klik Glow dan klik tanda >



10. Atur parameter seperti gambar dibawah.



11. Atur juga parameter seperti dibawah (yang terpenting angka pada Object ID sama dengan angka pada Object ID di langkah ke 4 sebelumnya).



12. Lakukan Render untuk melihat hasilnya.



13. Tinggal tambahkan text yang Anda inginkan dan berikan pencahayaan Global Illumination dengan skylight+LightTracer (seperti pembahasan sebelumnya).

 Selamat mencoba Yaaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar